Cara Perawatan Bayi Berusia Satu Bulan
Perawatan Bayi Berusia Satu Bulan

Herlandmag.net, Memiliki buah hati adalah impian bagi setiap pasangan yang baru menikah,ketika sang ibu hamil banyak perisiapan yang di persiapkan bagi si calon buah hati seperti, baju bayi,perlengkapan tidur bayi, perlengkapan perawatan bayi.

Perawatan bayi berusia satu bulan memiliki perawatan khusus yang harus di perhatikan sehingga seringkali sang ibu di temani ibu atau ibu mertua untuk merawat bayi di umur satu bulan terlebih lagi pemulihan kesehatan sang ibu pasca melahirkan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Kamu lakukan untuk perawatan bayi ketika berusia satu bulan.

Pada usia 1 bulan bayi wajib di berikan ASI yang cukup untuk tumbuh kembang nya,pada usia ini pun sang ayah harus siap siaga di karenakan sang bayi memiliki jam tidur yang belum teratur sehingga sering kali si bayi terbangun di waktu tertentu misalnya tengah malam. Jika bayi menangis atau terbangun berikanlah ASI karena si bayi biasanya merasa lapar.

Makanan Bayi

Untuk usia 1 bulan ASI lah makanan terbaik untuk bayi di karenakan ASI memiliki nutrisi dan zat kekebalan alami bagi tubuh bayi. Sehingga bayi di wajib di berikan ASI ekslusif selama 6 bulan setelah itu di perbolehkan di beri makanan pendamping asi.

Berliah bayi ASI 6-12x sehari dan biarkan lah sang bayi menintun kita jika  dia merasa lapar dan jangan kita batasi. Manfaat ASI untuk bayi di usia 1 bulan sangat penting beberapa manfaatnya diantara lain:

  • Melindungi bayi dari penyakit

ASI mengandung antibodi alami yang dapat melindungi bayi dari diare dan pneumonia yang menjadi dua dari penyebab kematian anak di dunia. Selain 2 penyakit di atas bayi juga akan terlindungi dari beberapa penyakit seprti, peradangan usus dan perut, penyakit pernapasan, infeksi telinga dan meningitis.

  • Melindungi Dari Alergi

ASI memiliki pelindung yang dapat melindungi dinding bagian dalam dari usus bayi,sehingga bayi terhindar dari resiko alergi di kamudian hari menjadi rendah dibandingkan dengan bayi yang di berikan susu formula.

  • Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa bayi yang cerdas karena mengkonsumsi ASI ekslusif dengan baik, sehingga si bayi mempunyai kemampuan berbahasa dan berkomunikasi yang lebih baik di bandingkan bayi yang hanya di beri susu formula

  • Bermanfaat Bagi Sang Ibu

Memberikan ASI ekslusif tidak hanya baik bagi sang bayi akan tetapi ibu si bayi pun mendapatkan manfaat yang baik seperti, menurunkan resiko syndrome Baby Blues pada ibu,meenjadikan KB alami, mengurangi resiko kanker payudara pada si ibu dan juga dapat menurunkan berat badan sang ibu

Jam Tidur Bayi

Bayi yang baru berusia 1 bulan memiliki jam tidur yang tidak teratur sehingga perawatan bayi berusia 1 bulan sangat lah berbeda disini peran sang ayah sangat di butuhkan dimana ketika sang bayi terbangun di larut malam karena lapar atau di haruskan mengganti popok. Terkadang sang bayi ingin di timang-timang hingga tertidur.

Perkembangan Bayi Di Usia 1 Bulan

Pada usia ini buah hati sudah bisa tersenyum dan menunjukan beberapa ekspresi khas bayi,akan tetapi di usia 1 bulan bayi sangat rentan terkena Kolik,kolik sendiri adalah di mana situasi sang bayi yang terus-menerus menangis akan tetapi hal ini bisa di sebut normal tapi tetap kita harus waspada jika terjadi Kolik ini.

Perkembangan bayi di umur 0-1 bulan biasanya si bayi dapat merespon rangsangan-rangsangan kecil. di usia ini berat badan bayi akan meningkat  atau bertambah 100-500 gr setiap minggu nya, hal ini membuktikan tumbuh kembang sang bayi normal dan sehat.

Selalu perhatikan lah tumbuh kembang si bayi mulai dari berat,tinggi dan prilaku yang di tunjukan bayi.

Menjaga Kesehatan Sang Buah Hati

Bayi di usia 1 bulan sangat rentan terkena penyakit, oleh karena itu pada usian ini bayi di wajibkan melakukan immunisasi. Bayi di usia ini pun rentan terkena virus sehingga Kamu harus menjaga kontak dengan orang-orang yang ingin menyentuh sang bayi.

Seringlah mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh bayi atau ketika akan mengganti popok. Hindari membawa bayi keluar rumah atau terkena udara di luar rumah karena akan rentan terkena paparan polusi dan penyakit.

Menjaga Keamanan Bayi

Jangan biarkan bayi Kamu lepas dari pengawasan,jika kita akan meninggalkan bayi meskipun sebentar misalnya pergi ke toilet mintalah suami atau orang yang ada di rumah untuk menjaga sang bayi agar terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

Jauhkan sang bayi dari hewan peliharaan ini di karenakan virus yang terdapat pada hewan peliharaan bisa saja menginfeksi bayi Kamu yang memiliki kekebalan tubuh yang belum cukup.

Interaksi Dengan Bayi Kamu

Sesekali perhatikan lah bayi Kamu ketika iya terbangun dan terjaga,cobalah rangsang si bayi hingga dia dapat merespon hal-hal kecil. interaksi antara ibu dan anak sangat penting bagi tumbuh kembang si bayi.

Perawatan bayi berusia satu bulan sangat perlu kerjasama antara si ibu dan ayah agar dapat memberikan kasih sayang yang maksimal sehingga bayi Kamu terawat dan terjaga dengan baik. Sehingga bayi tumbuh berkembang dengan baik dan sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here