herlanmag.net_Resep-Makanan-Anak-1-Tahun-Susah-Makan-BAYI&BALITA

herlandmag.net, Anak usia satu tahun mulai beralih asupan nutrisi dan gizi, karena di usia tersebut anak harus sudah terbiasa dengan makanan baru untuk mengganti ASI dan MPASI. Kali ini kita akan memberikan resep makanan anak 1 tahun susah makan, karena faktanya anak di usia tersebut tidak sedikit yang sulit untuk dapat makan makanan khusus usia 1 tahun.

Penyebab anak susah makan di umur 1 tahun adalah hal yang wajar, karena di usia tersebut anak harus  beralih makanan yang asalnya ASI, MPASI dan sekarang harus memakan makanan yang lebih padat.

Namun jika sudah di biasakan di berikan makanan yang sering di buat sendiri di rumah, anak tidak akan sulit untuk makan. Karena biasanya anak yang susah makan di usaia 1 tahun di sebabkan oleh seringnya memberikan anak makanan MPASI atau bubur instant, sehingga anak menjadi kurang suka dengan makanan buatan sendiri.

Nah kali ini kita akan memberikan resep makanan anak 1 tahun khusus yang susah makan, resep ini dapat para ibu coba agar buah hati mau memakan makanan untuk usia 1 tahun. Kali ini kita akan membuat Bubur Bayam Wortel Ayam, semua anak pasti akan suka dengan makanan yang satu ini. Karena terdapat rasa gurih dari ayam dan manis dari wortel, belum lagi bayam yang akan menambah nafsu makan bagi sang buah hati.

Berikut ini bahan-bahan dan cara pembuatanya:

  • Beras Pulen 100 gr.
  • Bayam 1 ikat.
  • Wortel 1 buah.
  • Dada ayam ¼.
  • Telur ayam 1 buah.
  • Garam secukupnya.
  • Air putih 500 ml.

Nah jika bahan-bahan telah tersedia, kita akan langsung saja menuju proses pembuatan Bubur Bayam Wortel Ayam.

  1. Pertama-tama cuci bersih beras hingga airnya menjadi sangat jernih dan bening.
  2. Kupas wortel dan iris dengan sangat tipis, setelah itu cuci bersih wortel dari segala kotoran yang menempel.
  3. Cuci bersih bayam kemudian pilih daunnya saja untuk di masukan, karena kali ini kita hanya akan menggunakan daun bayam saja.
  4. Cuci bersih dada ayam, kemudian potong dan iris ayam sekecil mungkin.
  5. Jika semua bahan telah di cuci, siapkan panci dan masukan beras beserta air putih kemudian panaskan panci hingga mendidih.
  6. Jika sudah mendidih masukan ayam yang telah di potong dan wortel, aduk terus agar bubur tidak menempel di bagian bawah panci.
  7. Setelah air mulai suruh cobalah untuk mengecek kematangan dari wortel dan ayam, jika di rasa wortel telah empuk dana yam sudah matang masukan bayam, telur dan tambahkan garam secukupnya.
  8. Aduk terus hingga air benar-benar surut dan bubur mulai mengental.
  9. Jika anak lebih suka tekstur yang tidak terlalu halu seperti nasi tim, bubur dapat segera di angkat dan hindangkan. Namun jika anak menyukai tekstur yang lembut layaknya bubur, dapat di tambahkan sedikit air agar tekstur menjadi lebih lembut.
  10. Angkat dan hidangkan selagi hangat.

Nah itulah resep bubur bayam  wortel ayam untuk bayi usia 1 tahun yang susah akan, dengan resep ini bayi pasti akan menjadi lahap dan tidak susah makan lagi. Resep makanan anak 1 tahun susah makan ini dapat di variasikan sesuai selera, sehingga anak menjadi tidak bosan memakanya.

Misalnya mengganti wortel dengan jagung manis, kemudian ayam di ganti dengan ikan salmon atau dengan bahan lainya yang pastinya si kecil akan suka dengan resep makanan anak 1 tahun susah makan yang seperti itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here