ac split wall

Di tengah cuaca yang panas dan udara yang bikin gerah ini, memiliki AC (Air Conditioner) di rumah atau ruangan kantor adalah hal yang paling tepat. Jenis AC pun beragam merek, jenis, dan kapasitasnya. Merek AC juga mempengaruhi kualitas barang. Misalnya memilih AC LG 1 PK untuk ruangan yang cukup luas. Mengingat merek LG sudah terbukti menjadi produsen barang yang berkualitas dan sering digunakan masyarakat.

Sebelum membeli AC, penting untuk tahu luas ruangan dan estimasi banyaknya aktivitas di ruangan tersebut. Tujuannya adalah untuk menentukan jenis dan kapasita AC atau PK.

Dalam artikel ini akan dibahas satu per satu jenis dan kapasitas AC sebagai pertimbangan bagi kamu sebelum membeli.

Jenis AC Berdasarkan Kegunaan

Seperti yang sudah dijelaskan, beda jenis dan kapasitas AC, berbeda pula fungsinya.

  • AC Split Wall

AC Split ini maksudnya AC yang memiliki dua unit indoor dan outdoor, yang berfungsi sebagai expansion valve, kompresor, dan kondensor. AC Split ini jamak digunakan di rumah atau ruko kecil. Biasanya ditempel di dinding yang dipasang oleh teknisi atau ahlinya. Karena penempatannya di dinding, maka AC ini lebih efektif karena tidak memakan banyak tempat. Kapasitas jenis AC ini mulai dari 0,5 – 2 PK. Jadi jika AC akan diletakkan di ruang tamu yang cukup luas, bisa menggunakan AC LG 1 PK atau 1.5 PK.

  • AC Standing Floor

Jika ingin memiliki AC yang letaknya bisa dipindah-pindah, sebaiknya memilih AC Standing Floor ini. AC ini terbilang praktis dan jamak digunakan untuk acara hajatan, pesta pernikahan, dan event lainnya. Kapasitasnya mulai dari 1 PK hingga 2 PK. Bahkan ada yang memproduksi AC Standing Floor ini dalam kapasitas yang besar hingga 5 PK.

  • AC Portable

Hampir mirip sehingga sering disebut sama, AC Portable dan AC Standing sejatinya berbeda. AC Portable biasanya lebih berisik karena unit indoor dan outdoor digabung. Selain itu, di bagian belakang ada selang yang berfungsi mengeluarkan hawa panas dari mesin sehingga AC Portable ini memerlukan bak penampung air pengembunan. Ada baiknya juga ujung selang diletakkan di luar ruangan saja agar suhu ruangan menjadi dingin maksimal. Kapasitasnya tersedia 1-2 PK.

  • AC Cassette

Berbeda tempat atau ruangan beda pula kebutuhan AC nya. Untuk kantor, mall, toko besar, dan sebagainya, menggunakan jenis AC Cassette ini. AC Cassette ini secara umum sama dengan AC Split karena memiliki 2 unit indoor dan outdoor. Hanya saja berbeda bentuk dan penempatannya. Bentuknya persegi dan dipasang di bagian atas langit-langit ruangan. AC ini mengarahkan udara dingin ke semua arah. Karena penempatannya di atas, butuh waktu cukup lama dan teknisi ahli untuk memasangnya. AC Cassette memiliki kapasitas 1 hingga 6 PK.

  • AC Central

Jenis AC Central ini biasanya digunakan untuk usaha yang lebih besar lagi seperti hotel, mall, atau kantor beberapa lantai. Cara kerja AC central ini dengan mendinginkan udara di luar ruangan dan dialirkan ke dalam gedung. Jadi sistemnya, kompresor besar dan unit outdoor berfungsi sebagai condensing unit. Sedangkan bagian dalam, internal evaporative unit, berfungsi untuk mengalirkan udara dingin di dalam gedung. Kapasitas pendinginannya juga tak main-main, sekitar 10-20 PK.

Jenis AC Berdasarkan Kapasitas PK

Dari tadi kamu sudah banyak membaca mengenai PK, tapi apa sih sebenarnya PK sebuah AC?

Ukuran PK atau sering juga disebut kemampuan AC dalam mendinginkan sebuah ruangan, tergantung pada luasnya ruangan tersebut. Ada lho hitungan agar kamu tidak salah membeli AC dan sesuai dengan luas ruangan kamu. Rumus cara menghitungnya adalah luas ruangan (dalam m2) x 500. Hasil perhitungan ini menghasilkan satuan BTU/h atau British Thermal Unit per Jam.

Jika hasilnya sudah didapat, kamu bisa melihat pedoman berikut untuk menentukan PK AC yang cocok untuk ruangan kamu.

  • 2 PK = 18.000 BTU/h, biasanya cocok untuk ruangan dengan luas hingga 36 m2.
  • 1,5 PK = 12.000 BTU/h, biasanya cocok untuk luas ruangan hingga 24 m2.
  • 1 PK = 9.000 BTU/h, biasanya cocok untuk luas ruangan hingga 18 m2
  • 0,75 PK = 7.000 BTU/h, biasanya cocok untuk luas ruangan hingga 14 m2
  • 0,5 PK = 5.000 BTU/h, biasanya cocok untuk luas ruangan hingga 10 m2.

Dari angka pedoman PK di atas, semakin luas ruangan, semakin tinggi kapasitas PK AC yang dibutuhkan. Jangan pilih AC dengan PK kecil untuk ruangan yang cukup besar, atau sebaliknya. Untuk toko yang tidak terlalu besar, bisa hanya menggunakan AC LG 1 PK saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here