bank wakaf mikro

Bank Wakaf Mikro (BMW) tengah digalakan oleh pemerintah untuk kelangsungan umat. BWM ini dianggap dapat menjauhi masyarakat dari rentenir.

Bank Wakaf Mikro (BWM) adalah lembaga keuangan mikro syariah yang berdiri atas izin otoritas jasa keuangan (OJK) dengan tujuan menyediakan akses permodalan atau pembiayaan untuk masyarakat kecil yang belum mampu memiliki akses pada lembaga keuangan formal.  Bank Wakaf Mikro ini diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mampu mengurangi ketimpangan dan kemiskinan.

Berdasarkan laman online OJK, latar belakang berdirinya Bank Wakaf Mikro ini adalah karena kemiskinan dan ketimpangan yang berlangsung menahun. Untuk memperbaiki keadaan diperlukan peran aktif seluruh elemen masyarakat dan salah satunya melalui pemberdayaan ekonomi umat yang menjalankan fungsi pendampingan.

Pesantren menjadi salah satu elemen masyarakat yang memiliki fungsi strategis dalam pendampingan untuk mendorong perekonomian masyarakat. Dengan adanya 28.194 pesantren menurut pendataan dari Kementrian Agama RI, pesantren memiliki potensi yang besar untuk mengikis kesenjangan ekonomi dan penuntasan kemiskinan.

otoritas jasa keuangan

OJK memberikan fasilitas pembuatan model bisnis Bank Wakaf Mikro dengan wadah Lembaga Keuangan Mikro Syariah untuk mempertemukan pihak yang memiliki kelebihan dana untuk didonasikan kepada masyarakat yang membutuhkan pembiayaan terhadap usahanya dengan imbal hasil yang sangat rendah. Prinsip dasar tolong menolong ini sama dengan konsep wakaf asuransi syariah.

BWM dibangun dengan tujuan membangun ekonomi bangsa dan memberantas lintah darat. Keputusan pemerintah ini memberikan mereka (masyarakat miskin produktif) modal pinjaman tanpa bunga tinggi, selain dana yang diberikan wawasan tambahan pun juga diberikan untuk membangun usaha dan mengelola keuangan serta menghindari mereka dari ancaman lintah darat yang kerap kali merugikan.

Berikut beberapa fakta tentang BWM:

Nasabah dari kalangan tertentu

Nasabah yang dapat mengajukan pinjaman di Bank Wakaf Mikro merupakan masyarakat yang tidak atau sulit mendapatkan akses ke bank seperti masyarakat yang tinggal di pelosok sehingga jauh dari jangkauan perbankan. Mereka yang juga belum mengenal lembaga keuangan formal seperti perbankan dan produk-produknya.

Selain itu, masyarakat yang difokuskan adalah mereka yang memiliki pendapatan dibawah rata-rata.

Pesantren

Perbedaan BWM dengan bank pada umumnya adalah dari segi pengelolaannya. BWM dikelola langsung oleh orang-orang yang terlibat atau bagian dari sebuah pesantren yang sudah mendapat izin dari OJK.

Berkelompok

Guna menghindari kesalahan penggunaan dana pinjaman, BWM mewajibkan nasabah yang mendaftar dengan berkelompok yang berisi 3 sampai 4 orang, tujuannya untuk saling mengingatkan satu sama lain.

Bagi hasil setara 3%

Peminjaman ini tidak dibebani dengan bunga, hanya saja menggunakan sistem bagi hasil setara 3%. Saat ini jumlah dana yang dipinjamkan mulai dari Rp 1 juta dengan sistem pelunasan Rp 20 ribu perhari selama 52 minggu.

BWM dapat memberikan pinjaman hingga Rp 3 juta namun dengan persyaratan dan kriteria tertentu. Peminjam harus melalui proses sosialisasi, seleksi, dan pembinaan terlebih dahulu tentang usaha apa yang akan dikembangkan dan siapa saja sumber daya manusia yang akan dilibatkan agar bisa mendapatkan pinjaman usaha.

Donatur tidak sama dengan Investor

Pihak yang ingin menyumbang modal adalah orang-orang yang memang memiliki keinginan untuk berkontribusi dalam perbaikan ekonomi masyarakat kelas bawah. Sistem bagi hasil yang diterapkan menunjukan jika tujuam utama donatur murni untuk menolong bukan mencari keuntungan.

Kelompok Agama Lain Bisa Bergabung

Program ini mungkin dijalankan oleh pesantren namun bukan berarti pengajuan pinjaman harus berasal dari agama islam.

Kelompok beragama lain pun sangat diperbolehkan membangun usahanya melalui Bank Wakaf Mikro dan akan didukung oleh pemerintah secara penuh.

Pembolehan ini tentu dengan ketentuan yang berlaku. Tujuan pendiriannya tidak boleh melenceng dari tujuan dari berdirinya Bank Wakaf Mikro, yaitu membantu masyarakat non-bankable untuk mendapatkan modal pinjaman usaha dengan bunga yang rendah, serta memajukan ekonomi dan menambah wawasan masyarakat yang belum mengenal bank dan produk keuangannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here