Menerapkan Pola Hidup Sehat Bagi Balita
Pola Hidup Sehat Bagi Balita

Herlandmag.net, Gerak-gerik anak-anak atau balita haruslah dalampengawasan orang tua,  tumbuh kembang sang anak tergantung bagaimana orang tua merawatnya. Jika orang tua tidak peduli terhadap perkembangan sang anak maka anak pun akan memiliki perkembangan yang kurang baik. Pola hidup sehat bagi balita sangatlah penting diterapkan sejak dini.

Anak-anak atau balita biasanya belum mengetahui asupan makanan yang dimakannya sehat atau tidak, banyak anak-anak dan balita mengalami diare akibat jajan sembarangan di pinggir jalan.

Balita paling senang menggigit-gigit terutama mainan, akan tetapi bagi orang tua yang kurang higienis dan kurang memperhatikan kebersihan, mainan tersebut biasanya tergeletak di lantai.

Mainan yan tergeletak di lantai bisa saja terkena kuman-kuman yang ada di lantai dan orang tua perlu lah kita memperhatikan dan mengawasi sang buah hati bila sedang bermain. Akan tetapi banyak ibu-ibu yang bekerja dan menitipkan sang anak kepada pengasuh yang sebenarnya kita tidak tahu apa saja yang anak kita makan, atau bagaimana cara ia bermain dan bersosialisasi.

Peran orang tua sangatlah dibutuhkan saat anak sedang tumbuh, karena ia mengikuti setiap gerak-gerik atau perkataan orang-orang disekitarnya, maka dari itu orang tua dianjurkan untuk cekatan dalam mengurus si kecil agar ia tumbuh menjadi anak yang cedas.

Salah satu hal yang sangat penting untuk ibu ajarkan pada sang buah hati adalah kebiasaan hidup sehat. Akan lebih mudah bagi ibu bila mengajarinya di usia dini.

Ini dia pola hidup sehat bagi balita yang harus ibu ajarkan sejak dini:

  • Kebiasaan mencuci tangan
Kebiasaan mencuci tangan Agar Terhindar Dari Kuman
Kebiasaan mencuci tangan

Mencuci tangan adalah kebiasaan yang wajib dilakukan untuk menjaga agar buah hati terus terjaga kesehatannya. Ajarkan secara teratur dan bertahap. Beri pemahaman padanya bahwa mencuci tangan tidak hanya sekedar basah saja. Tapi harus cermat menggosok seluruh bagian telapak tangan dengan sabun.

Saat masih balita, bantu ia melakukannya dengan baik dan cermat. Kelak saat ia memasuki usia 4-5 tahun, ia sudah bisa mencuci tangannya sendiri dengan baik, ingatkan bahwa mencuci tangan wajib dilakukan terutama sebelum dan sesudah makan.

  • Sikat gigi secara teratur
Biasakan untuk Sikat Gigi Secara Teratur
Sikat Gigi Secara Teratur

Mengajari sang buah hati menyikat gigi terkadang butuh trik khusus, banyak anak cenderung enggan menggosokkan sikat gigi dengan benar. Oleh karena itu, ciptakan kebiasaan menyikat gigi sejak gigi pertamanya tumbuh.

Saat ia mencapai usia 1 tahun, kamu bisa mengajarkan cara menyikat gigi dengan cara menyenangkan, misalnya memasang musik khusus setiap akan menyikat gigi. Ajarkan padanya untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari, yaitu sehabis sarapan dan sebelum tidur yaitu malam hari.

  • Mengurangi kebiasaan minum lewat botol
Mengurangi kebiasaan minum lewat botol
Mengurangi Minum Lewat Botol

Kurangi kebiasaan minum susu lewat botol menjelang tidur. Sebab sisa susu atau minuman manis bisa merusak gigi. Saat sang buah hati sudah bisa duduk sendiri, lebih baik ajari ia untuk minum dari gelas.

Ibu bisa mencoba menggunakan training cup khusus bayi/balita yang sekarang banyak terdapat di pasaran. Pilih desain dan warna yang menarik, agar sang buah hati semangat minum dari gelasnya.

  • Jaga kebersihan kukunya
Merawat Kuku Bayi

Jangan biarkan kuku buah hati panjang hingga kotoran masuk kedalamnya. Apalagi batita cenderung punya kebiasaan memasukkan tangan ke mulut. Kuku kotor bisa jadi penyebab penyakit.

Upayakan untuk rutin menggunting kukunya dan menjaga kebersihan pada bagian kuku, baik kuku tangan maupun kaki. Sebab kuku yang kotor bisa menjadi tempat bersarang nya bakteri dan ini bisa membahayakan kesehatan si kecil.

  • Berikan sabun dan krim pelembab khusus bayi
Cara Merawat Kesehatan Kulit Bayi
Merawat Kulit Bayi

Jika si kecil mengalami eksim, kamu bisa menjaga kesehatan kulitnya dengan selalu menggunakan sabun dan krim pelembab khusus. Pastikan juga untuk selalu mencuci tangannya ketika ia sedang mengalami gangguan kulit.

  • Ajak si kecil bermain
Biasakan untuk Ajak Si Kecil Bermain
Ajak Si Kecil Bermain

Tubuh yang aktif akan lebih kuat melawan berbagai gangguan penyakit. Hingga usia 2 tahun, ajak ia bermain bola, turun naik tangga/benda, menarik mainan atau berjalan. Permainan dengan olahraga ringan.

Kebiasaan bermain juga akan memperkuat tulang dan ototnya, meningkatkan fleksibilitas, koordinasi dan keseimbangan. Sehingga ia dapat terhindar dari obesitas dan fisiknya pun menjadi lebih kuat.

  • Istirahat cukup
Cara Merawat Bayi Baru Lahir
Cukup Istirahat

Aktivitas fisik si kecil harus diimbangi dengan istirahat/tidur yang cukup. Anak harus tidur kurang lebih 8 jam perhari dan ditambahkan dengan istirahat pada siang hari selama 1-2jam. Orang tua harus menetapkan waktu tidur balita sehingga menjadi kebiasaannya.

Istirahat sangat penting dalam mengembalikan fungsi sel tubuh dan perkembangan balita setelah anak melakukan aktivitas di siang hari.

Apabila tidak di imbangi dengan cukup istirahat maka dikawatirkan menurunnya kekebalan tubuh. Kondisi ini memudahkan kuman dan penyakit menyerang tubuh balita.

Sekian informasi mengenai pola hidup sehat bagi balita yang bisa kami berikan, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here