Cara Bersabar Menghadapi Masalah Rumah Tangga
Cara Bersabar Menghadapi Masalah Rumah Tangga

Herlandmag.net, Pertengkaran dan masalah dalam rumah tangga bisa terjadi kapan saja dan terjadi pada siapa saja. Oleh karena itu sebaiknya kita memahami apa yang sebenarnya terjadi pada rumah tangga jika terjadi masalah.

Cara bersabar menghadapi masalah rumah tangga membutuhkan pengendalian diri dan kebijaksanaan dalam menghadapi setiap masalah yang dihadapi. Dengan bersabar tentunya dapat mencegah konflik bertambah buruk, karena dengan tidak memaksakan kehendak yang mungkin malah dapat memperkeruh suasana.

Bersabar Dalam Menghadapi Ego Pasangan
Bersabar Dalam Menghadapi Ego Pasangan

Berikut beberapa cara bersabar menghadapi masalah rumah tangga yang mungkin saja bisa membantu dan menjadi solusi untuk masalah yang dihadapi:

  1. Bersabar Dalam Menghadapi Ego Pasangan Masing-masing

Jika kita dapat mengalah dan bersabar terhadap ego pasangan masing-masing, pertikaian dalam rumah tangga dapat dihindari. Jangan sekali-kali membalas dan membentak pasangan kamu yang sedang emosi. Rangkulah pasanganmu dan tanyakan dengan nada suara yang pelan apa yang diinginkannya.

 2. Bersabar Ketika Pasangan Sedang Kelelahan

Jika pasanganmu tiba-tiba emosi dan marah, coba untuk tidak terbawa suasana karena kita tidak tahu apa yang sebenarnya sedang dirasakan oleh pasangan kita. Mungkin saja setelah beraktivitas seharian pasangan kita kelelahan, hal ini menjadikan pasangan kita mudah emosi dan marah. Coba berikan air minum lalu tanya dengan nada pelan lalu ajaklah makan bersama.

 3. Membawa Masalah Lain Ke Dalam Rumah Tangga

Terkadang ada beberapa pasangan yang sering menyembunyikan masalahnya terhadap kita, sehingga kita tidak atau apa sebenarnya sedang dialami oleh pasangan kita yang tiba-tiba uring-uringan ketika sampai di rumah.

Mungkin saja pasangan kita mempunyai masalah lain ditempat kerja atau dikeluarganya yang menyebabkan pasangan kita sensitif. Bersabarlah dan tanya dengan nada pelan mengenai masalah yang sedang ia hadapi.

 4. Bersabar Ketika Hadirnya Orang Ketiga

Orang ketiga sering kali menjadi penyebab keretakan dalam rumah tangga, penyebabnya beragam sekali mulai dari tidak puas terhadap pasangan atau hanya sekedar iseng yang berawal dari dunia maya atau reuni teman lama.

Jika kita sedang menghadapi masalah yang terjadi dalam rumah tangga yang seperti ini kita jangan langsung gelap mata dan melabrak, karena jika apa yang kita sangka tidak benar ini hanya akan membuat kita malu dan kitalah yang merusak suasana.

Bersabarlah dan coba untuk menyelidiki terlebih dahulu kebenarannya dan mencari bukti yang kuat, lalu ajak pasangan kamu berbicara atau bisa juga membicarakan bersama orang tua masing-masing untuk mengambil jalan keluarnya bersama.

5. Bersabar Menghadapi Pasangan Yang Jarang Berada Di Rumah.

Banyak pasangan yang telah menikah akan tetapi sangat jarang berdiam diri di rumah, alasannya sangat beragam mulai dari kerja, kuliah, hobi bahkan berkumpul dengan teman-temannya.

Kita sebagai pasangan harus bersabar dan jangan mengatur bahkan mengekang. Biarkan saja pasangan kita melakukan apa yang ingin dilakukannya asal masih dalam batas wajar.

Akan tetapi jika menurut kamu yang dilakukan pasangan kamu berlebihan cobalah ajak berbicara dan memberikan sedikit nasehat.

6. Bersabar Menghadapi Pasangan Yang Ingin Tinggal Di Kediaman Orang Tuanya

Setelah menikah biasanya kita akan tinggal bersama di kediaman orang tua, mengontrak atau di rumah sendiri jika sudah punya. Akan tetapi ada sebagian pasangan yang tetap tinggal bersama di kediaman orang tua, ini terkadang menjadi biang masalah yang akan datang dikemudian hari.

Campur tangan orang tua menjadi yang terkadang ikut mengatur dalam pernikahan anak mereka. Masalah seperti ini berujung pada pertengkaran pasangan dikarenakan satu sisi pasangan kamu harus memihak antara kamu dan orang tua pasangan, atau pasangan pasangan dengan orang tua kamu.

Cara bersabar menghadapi masalah rumah tangga yang seperti ini harus di bicarakan bersama orang tua yang bersangkutan agar masalah yang di hadapi selesai dan tidak ada pihak yang masih merasa tidak enak.

Cobalah untuk membujuk pasangan kamu agar mau tinggal berpisah dengan orang tua dengan begitu rumah tangga kamu tidak akan tercampuri dengan aturan-aturan orang tua pasangan.

Masalah apa saja yang dihadapi dalam rumah tangga sebenarnya bisa diselesaikan dengan baik-baik asalkan kita mau bersabar dan mengalah. Namun kita jangan sampai memancing hal yang dapat memperparah masalah yang dihadapi.

Cobalah untuk mengajak pasangan kamu berbicara hati ke hati karena cara bersabar menghadapi masalah rumah tangga intinya ada di dalam diri kita. Pernikahan yang kita jalani berdasarkan saling mencintai antara dua kepala yang memiliki pola pikir berbeda sehingga cobalah ketika kamu menghadapi masalah dalam rumah tangga untuk menyelesaikannya dengan hati dan kepala dingin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here