CaraMengatasi Masalah Dalam Rumah Tangga
Masalah Dalam Rumah Tangga

Herlandmag.net, Menikah dan memiliki keluarga adalah impian dari setiap pasangan. Pernikahan yang merupakan moment yang membahagiakan sekaligus sakral, namun dalam menjalankan biduk rumah tangga tersebut tidak mudah menjaga keharmonisannya.

Pasti ada saja masalah  dalam rumah tangga yang datang menghampiri, mulai dari masalah kecil sampai masalah yang besar.

Seperti kata pepatah masalah dan pertengkaran adalah bumbu pelengkap dalam pernikahan akan tetapi jika terus di biarkan akan menjadi masalah yang besar bahkan bisa berujung pada perceraian.

Cara Mengatasi Pertengkaran Dalam Rumah Tangga
Pertengkaran Dalam Rumah Tangga

Sikap saling egois dan tidak mau mengalah serta kejujuran yang menjadi awal mula penyebab pertengkaran, akan tetapi kita bisa menghindari pertengkaran dan masalah dalam rumah tangga asalkan kita mengetahui apa saja langkah-langkah dan apa yang harus kita perbuat dengan masalah dalam rumah tangga yang sedang kita hadapi.

  1. Mendengarkan Bukan Memotong Omongan

Jika kita berada dalam situasi adu mulut yang panas cobalah untuk tenang dan mendengarkan pasangan kita, jangan sekali-kali memotong omongan dan membalasnya lebih keras atau sampai membentak hal ini hanya akan memperburuk suasana.

Tenangkan diri dan coba dengarkan apa keluhan dan masalah yang sedang dihadapi oleh kamu dan pasanganmu, kemudian bicarakan dengan baik-baik dan mencari solusi bersama.

2. Memilih Waktu Yang Tepat

Memilih waktu yang tepat untuk menyelesaikan masalah adalah hal yang harus kamuperhatikan, karena jika waktu yang kamu pilih tidak tepat bisa jadi akan memperburuk keadaan.

Jadi pandai-pandailah memilih waktu yang tepat untuk membicarakan dan menyelesaikan masalah. Jangan lupa ajak juga orang lain juga untuk mendampingi seperti orang tua atau kerabat dekat yang bisa dipercaya untuk membantu memecahkan masalah bersama jika di perlukan.

3. Pengendalian Diri

Hal yang paling penting dalam mengatasi masalah dalam rumah tangga adalah pengendalian diri. Jika tidak pandai dalam mengendalikan diri dari emosi hanya dapat memperburuk masalah.

Maka harus pintar mengendalikan emosi dan mengalah terlebih dahulu dan jangan sekali-kali membalas dan membentak pasangan kamu karena bisa saja hal ini malah menambah masalah yang lebih besar.

Tenang adalah kunci untuk mengendalikan diri sehingga Kamu dapat terhindar dari emosi yang berlebihan.

4. Mencari Solusi Bersama

Jika emosi sudah reda, langkah selanjutnya adalah mencari solusi dan jalan keluar bersama. Bagaimana langkah terbaik yang harus diambil oleh kedua belah pihak agar semua permasalahan dapat terselesaikan dengan adil.

Mencari jalan tengah yang dapat mengakhiri konflik dalam rumah tangga dibutuhkan saling pengertian dari setiap pasangan dan harus mengesampingkan ego masing-masing untuk kepentingan bersama.

5. Saling Terbuka Dan Jujur Satu Sama Lain

Saling terbuka dan saling membicarakan keinginan dan keluhan masing-masing adalah langkah yang tepat untuk mengakhiri masalah dalam rumah tangga, karena kejujuran adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap pasangan.

Oleh karena itu keterbukaan dan kejujuran sangat diharapkan untuk menyelesaikan masalah dalam rumah tangga, sehingga konflik dapat berakhir tanpa ada sisa-sisa masalah didalamnya dan berakhir dengan damai meski keinginan pasangan masing-masing berbeda dengan kita.

6. Berpikir Dari Sudut Pandang Pasangan Anda

Jika kita sedang bertengkar dengan pasangan kita dan ingin menyelesaikannya akan tetapi tidak menemukan titik temu, kamu boleh mencoba berpikir dari sudut pandang pasangan kamu. Bisa jadi apa yang kamu pikirkan dan yang kamu yakini bukanlah yang diinginkan pasangan, maka dari itu hal ini sangat diperlukan agar pasangan kamu dapat mengerti keinginan satu sama lain.

7. Meminta Bantuan Pihak Ketiga

Tidak ada salahnya meminta bantuan dari pihak ketiga untuk membantu, terkadang kita butuh seorang pendamping untuk membantu menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi. Akan tetapi kita mesti pandai memilih orang yang akan membantu memecahkan masalah yang sedang kita hadapi.

Pola pikir dua orang yang berbeda yang harus disatukan sehingga pertengkaran dan masalah dalam rumah tangga adalah hal yang tidak bisa dihindari. Memang benar akan tetapi tidak semuanya dapat benar-benar menyatu meski hubungan kita berakhir dalam pernikahan.

Tetapi kita tidak perlu khawatir menikah dan menjalin sebuah rumah tangga pada dasarnya didasari rasa cinta oleh kedua pihak, meski pertengkaran sering menghampiri kekuatan cinta tetap dapat melerai semuanya. Cobalah untuk mengingat masa dimana kamu dan pasangan saling mencintai dan menyayangi.

Ibaratkan masa-masa dimana dunia hanya milik berdua. Ingatkan pasangan kamu tentang momen-momen yang dilalui bersama, dengan begitu kamu dapat mengatasi masalah dalam rumah tangga meskipun tidak semua dapat di atasi dan perlu jalan keluar yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here