Cara Merawat Kesehatan Kulit Bayi
Merawat Kulit Bayi

Herlandmag.net, Kulit juga berfungsi sebagai pertahanan tubuh, maka harus dijaga dengan baik dan benar agar kulit bayi tetap halus, lembut dan juga sehat. Cara merawat kesehatan kulit bayi sebetulnya tidaklah sulit.

Menjaga serta merawat kesehatan kulit bayi sangat penting dan sangat wajib dilakukan oleh setiap orang tua, agar bayi tidak mudah terkena iritasi kulit, seperti biang keringat dan ruam.

Kulit bayi juga sangat rentan dan sangat sensitif terhadap berbagai hal, seperti paparan sinar matahari, polusi udara, dan hal-hal lainnya yang membuat kulit bayi menjadi bermasalah.

Kulit bayi memang lebih tipis dan lebih rentan mengalami iritasi. Oleh karena itu, menjaga kulitnya tetap sehat merupakan salah satu hal yang paling penting dalam merawat bayi.

Inilah cara merawat kesehatan kulit bayi yang benar:

  • Jangan teralu sering memandikan bayi
Jangan Terlalu Memandikan Bayi
Memandikan Bayi

Dimandikan terlalu sering dapat menyebabkan kulit bayi kehilangan minyak alami serta kandungan lainnya, yang sebenarnya dapat memberikan perlindungan terhadap bakteri dan bahan iritan lainnya.

  • Pilih produk perawatan kulit yang sesuai
Berbagai Macam Produk Perawatan Kulit Bayi
Produk Perawatan Kulit Bayi

Gunakanlah sabun dan shampoo yang formulanya telah dibuat sesuai dengan usia bayi. Pastikan juga produk yang digunakan untuk merawat kulit bayi sangat sedikit atau bahkan sama sekali tidak mengandung pewarna, pewangi, alkohol serta bahan kimia lainnya yang dapat berbahaya bagi kulit bayi. Oleh karena itu, disarankan untuk cermat dalam memilih produk-produk perawatan kulit bayi, pilih lah yang sesuai.

  • Hindari berlebihan memakai bedak bayi
Hindari Penggunaan Bedak Bayi
Hinari Penggunaan Bedak Bayi

Bedak bayi merupakan salah satu produk perawatan kulit yang sering digunakan. Akan tetapi, perlu berhati-hati dalam menggunakannya, bahkan sebisa mungkin menghindarinya. Sebab bedak bayi mengandung partikel-partikel yang amat halus sehingga dapat mudah terhirup oleh bayi. Dokter anak pun sekarang menyarankan untuk menghentikan pemakaian bedak bayi karena takut terhirup oleh si kecil. Jika bunda menggunakan bedak bayi, gunakan secara tipis pada kulit bayi.

  • Jaga kelembaban kulit bayi
Selalu Menjaga Kelembaban Kulit Bayi
Menjaga Kelembaban Kulit Bayi

Kulit bayi sangat rentan kering. Oleh karena itu, bunda harus tetap merawat kulit bayi agar kondisinya tetap lembap. Salah satunya cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memakai pelembap khusus bayi setelah mandi. Gunakan pelembap sesering mungkin jika diperlukan, terutama jika cuaca panas dan udara lembab kering.

  • Jangan takut terkena sinar matahari

Penggunaan tabir surya tidak direkomendasikan untuk bayi di bawah 6 bulan karena belum terbukti aman untuk kulit bayi pada usia tersebut. Akan tetapi, jangan takut untuk membawa bayi jalan-jalan keluar rumah pada siang hari ketika matahari sedang terik. Pastikan saja sinar matahari tidak langsung mengenai kulit bayi.

Kamu dapat membuka penutup stroller serta memakaikan pakaian dan topi pada bayi bahkan kamu juga bisa memakai payung untung menghindari sinar matahari. Ketika bayi sudah menginjak 6 bulan, kamu dapat memilih tabir surya yang mengandung bahan inorganic seperti zinc oxide dan titanium oxide karena bahan tersebut tidak menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

  • Bersihkan area lipatan

Ketika mengoleskan pelembap, pastikan kulit bayi tidak basah. Lotion pelembap dapat mengendap di bagian lipatan kulit yang tipis sehingga rentan mengalami ruam. Ruam juga sering terjadi pada bayi yang menginjak usia 3 bulan ketika bayi sering meneteskan air liurnya. Untuk mencegah ruam kemerahan, bersihkan sudut bibir bayi setidaknya dua kali sehari. Disarankan untuk menggunakan air bila ada susu atau makanan yang tersisa menempel di sekitar bibir.

  • Jaga kebersihan popok bayi
Sealau Jaga Kebersihan Popok Bayi
Jaga Kebersihan Popok Bayi

Pastikan popok bayi  tetap kering dengan sesering mungkin menggantinya setiap 4 jam sekali, selain itu secepatnya atasi ruam popok pada bayi dan berikan pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Untuk menghindari ruam bunda bisa menggunakan krim diaper rash untuk mencegah ruam pada pantat bayi.

  • Waspadai gejala eksim

Ruam kemerahan yang sering terjadi pada kulit bayi salah satunya disebabkan oleh eksim. Biasanya gejalanya berupa ruam kemerahan kering dan gatal yang sering muncul pada pipi dan dahi. Kebanyakan kasus eksim pada bayi dapat diobati dengan obat yang dijual dengan bebas. Tetapi apabila gejalanya tidak membaik, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.

  • Pijatan bayi
Melakukan Pijat Bayi
Pijat Bayi

Cara yang menyenangkan untuk memantau kesehatan dan merawat kulit bayi  adalah melalui pijatan. Dengan memijat, bunda memiliki kesempatan untuk menyentuh seluruh permukaan kulitnya dan memeriksa ada tidaknya bagian kulit yang kering atau lecet. Manfaat lainnya, pijatan juga dapat membuat si kecil lebih nyaman dalam menghadapi perubahan pada kulitnya seiring pertumbuhannya. Pijatan juga memiliki manfaat emosional dan psikologis untuk si kecil yang sedang tumbuh dan berkembang.

Sekian informasi cara merawat kesehatan kulit bayi yang bisa kami sampaikan semoga informasi tersebut bisa bermanfaat, dan tetap jaga kesehatan si kecil ya bunda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here