Cara Perawatan Bayi Prematur
Perawatan Bayi Prematur

Herlandmag.net, Menanti kelahiran sang buah hati memang sangat dinantikan oleh setiap pasangan, para calon ibu merawat dari mulai usia kandungan 1 minggu sampai dengan 40 minggu atau 9 bulan.

Berbagai kekhawatiran tentunya dirasakan selama masa kehamilan tersebut, banyak para calon ibu yang merasa stres atau ketakutan, terutama bagi ibu yang baru menjalani kehamilan pertamanya.

Perkembangan janin dalam kandungan memang sangat rentan oleh baerbagai pengaruh, baik yang ditimbulkan dari turunan ataupun pola kehidupan kamu sendir yang dapat mengakibatkan gangguan pada perkembangan janin.

Memiliki bayi yang terlahir dengan kondisi sehat menjadi harapan setiap ibu hamil, berbagai cara dilakukan untuk menjaga kesehatan bayi mereka. Bahkan banyak tradisi yang berkembang dimasyarakat yang berhubungan dengan kehamilan.

Tradisi yang bertujuan menjaga janin selama 9 bulan sampai pada waktu kelahirannya. Secara medis mungkin ada beberapa tradisi yang bisa diterima meskipun kebanyakan justru masih menjadi perkembangan penelitian medis, untuk mengetahui hubungan antara tradisi yang berkembang dengan kehamilan.

Cara Merawat Bayi Prematur
Merawat Bayi Prematur

Banyak ibu hamil yang masih belum mengetahui tentang kesehatan kehamilan dan apa saja yang harus dilakukan selama masa kehamilan, belum lagi pola makan yang selalu salah bisa menyebabkan bayi lahir dengan prematur. Banyak penyebab bayi mengalami kelahiran prematur, jika kamu mengalami hal serupa jangan khawatir ada cara perawatan bayi prematur seperti berikut ini:

  1. Siapkan kamar bayi yang bersih dan juga aman

Bayi prematur tentu akan lebih rentan dengan berbagai infeksi dan penyakit karena mempunyai daya tahan tubuh yang belum sempurna. Jauhkan bayi kamu dari lingkungan yang terpolusi dengan debu, bahan kimia yang berbahaya, asap rokok, ataupun orang yang sedang sakit.

  1. Atur suhu kamar bayi

Atur suhu kamar pada 26 sehingga 27 derajat celcius, ini diperlukan agar suhu badan bayi kamu tetap stabil.

  1. Lakukan metode kanguru

Yaitu dengan cara menggendong bayi kamu atau meletakannya di bagian dada ibunya, sehingga kulit bayi akan bersentuhan secara langsung dengan kulit sang ibu. Metode kangguru ini sangat bermanfaat untuk menjaga suhu tubuh sang bayi agar tetap stabil serta dapat mempererat hubungan emosional antara ibu dan bayi.

Perawatan bayi prematur dengan metode kanguru ini untuk dapat mempertahankan suhu tubuh bayi kamu, menstabilkan denyut jantung dan juga nafasnya, membuat tidur bayi lebih nyenyak, agar bayi jarang menangis serta dapat meningkatkan produksi ASI dan juga bonding. Metode ini dianjurkan untuk bayi yang berat badannya dibawah 2500gram.

  1. Lingkungan yang tenang

Ciptakan lingkungan selalu kondusif agar bayi kamu bisa tidur dengan nyenyak dan tenang. Atur juga pencahayaan di dalam kamar agar tidak menjadi terlalu terang serta sebisa mungkin hindari suara bising.

Pelan-pelan dalam membuka pintu dan berbicara. Bayi prematur akan membutuhkan jam tidur yang lebih panjang dibandingkan dengan bayi normal. Bayi memerlukan waktu tidur yang berkualitas untuk dapat memacu hormon pertumbuhan dan juga perkembangan sel otaknya agar optimal.

  1. Selalu dalam kontrol dokter

Cara perawatan bayi prematur berikutnya adalah selalu rutin untuk melakukan kontrol dan juga berkonsultasi dengan dokter. Ketika kontrol, dokter dapat mengetahui perkembangan dan juga kondisi bayi kamu. Peningkatan berat badan pada bayi merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan bagi perawatan bayi prematur di rumah.

  1. Jalankan program ASI ekskusif

ASI merupakan nutrisi penting dalam membantu untuk meningkatkan berat badan serta menjaga daya tahan tubuh si kecil. sebaiknya berikanlah ASI pada bayi prematur sedikit demi sedikit namun sering. Terkadang bayi prematur tidak bisa langsung menyusu, kamu bisa memerah ASI terlebih dahul kemudian memberikannya pada bayi.

  1. Selalu siaga

Jangan lupa untuk mencatat nomor telepon rumah sakit dan juga dokter yang menangani bayi agar kamu bisa segera mendapatkan bantuan ketika anda membutuhkan mereka.

  1. Pastikan selalu menjaga kebersihan baju bayi

Sebaiknya kamu pisahkan baju atau pemakaian bayi ketika mencucinya dan jangan dijemur pada tempat yang sangat mudah terkena debu.

  1. Perhatikan nutrisi dan obat bayi

Lanjutkan memberi bayi obat ataupun vitamin dari rumah sakit atau dokter sesuai aturan pakai yang ditetapkan. Jika perlu, kamu juga bisa belajar memberikan pertolongan darurat pada petugas kesehatan rumah sakit seperti misalnya CPR.

  1. Jaga kebersihan tubuh bayi

Mandikan bayi anda setiap hari untuk selalu menjaga kebersihan tubuhnya. Gunakanlah produk dan juga alat mandi yang memang diformulasikan secara khusus untuk bayi agar tidak mengakibatkan iritasi kulit.

Jemur bayi anda 10 hingga 15 menit di bawah sinar matahari pagi supaya kulit bayi kamu tidak kuning.

  1. Suasana tidur mirip dalam Rahim

Buatlah sebuah ‘sarang’ pada tempat tidur bayi kamu dari gulungan sebuah handuk tebal yang dibentuk dan menyerupai huruf U. letakkan bayi kamu dalam sarang buatan tersebut dalam posisi mirip di dalam rahim, yaitu kedua lengan dan juga tungkainya tertekuk, serta tangganya berada sedekat mungkin dengan bagian garis tengah dan juga  mulut.

Dengan sarang seperti itu, setiap bayi kamu bergerak, dia akan selalu merasa dipeluk dan tidak akan dibuat kaget karena merasa terjatuh ke sisi kiri atau kanan.

Demikian perawatan bayi prematur yang kami ulas untuk kamu, semoga informasi tersebut bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here