Tips Bahagia Dalam Rumah Tangga
Tips Bahagia Dalam Rumah Tangga

Herlandmag.net, Bagi sebagian orang berumah tangga dan membuat keluarga adalah impian pasangan hidup bersama dan bahagia dan akhir khayat, akan tetapi ada sebagian orang yang takut untuk berumah tangga karena melihat pengalaman sebagian orang yang gagal membangun rumah tangga.

Dampak dari gagalnya membangun rumah tangga yang harmonis adalah psikologis bagi keduanya baik pria atau wanita, terlebih lagi bagi yang sudah memiliki buah hati. Tips hidup bahagia dalam rumah tangga adalah yaitu saling percaya dan memahami satu sama lain.

Tips Keluarga Bahagia Sepanjang Masa
Tips Keluarga Bahagia

Akan tetapi kata-kata tidak semudah kenyataan. berikut beberapa tips hidup bahagia dalam rumah tangga dibawah ini agar kamu dapat mulai membangun keluarga bahagia bersama pasangan kamu.

  1. Saling Percaya Satu Sama Lain

Mungkin kata-kata di atas terdengar klise dan sering di ucapkan oleh beberapa orang yang menasehati, akan tetapi kata-kata di atas sangatlah tepat. Tidak semua pasangan suami istri mendapatkan kriteria yang di inginkan ini menjadikan kita harus mengerti kelebihan  dan kekurangan masing-masing, karena jika kita dapat saling mengerti satu sama lain kebahagiaan sudah terlihat di depan mata.

2. Komunikasi Yang Baik

Komunikasi adalah bagian yang sangat penting dalam hubungan berumah tangga, karena komunikasi adalah jembatan penghubung bagi pasangan agar terhindar dari kesalah pahaman yang sering kali menjadi awal mula pertengkaran di dalam rumah tangga.

Cobalah dengan hal yang sederhana seperti mengucapkan selamat pagi kepada pasangan, kemudian saling bercerita ketika diantara kalian ada yang mempunyai masalah dan jangan memendam masalah untuk diri sendiri.

Jika kamu sedang jauh dari pasangan misalnya sedang tugas keluar kota cobalah sesekali menanyakan kabar pasangan.

3. Memberikan Ruang Dan Tidak Mengekang

Meskipun kita telah membangun rumah tangga dan hidup bersama, tidur bersama, makan bersama akan tetapi kita juga harus memberikan ruang pada pasangan kita masing-masing atau istilah nya Me Time.

Dengan kita memberikan ruang pada pasangan, tentunya ini akan menjauhkan pasangan kamu dari hal-hal yang menyebabkan pasangan kamu berbohong, biarkanlah pasangan melakukan hobi atau sekedar berkumpul bersama teman-teman asalkan masih dalam batas wajar.

4. Memberikan Sesuatu Yang Spesial

Cobalah sesekali kamu mengajak pasangan makan malam yang romantis atau memberikan hadiah yang spesial bagi pasangan. ini dapat membuat pasangan kamu senang dan akan mengingat momen-momen bahagia ini.

Atau kita mengingat dan mengucapkan hari ulang tahun pasangan, hari ulang tahun pernikahan atau hari dimana kalian pertama kali bertemu, di jamin dengan mengingat masa-masa itu pasangan kamu akan merasa bahagia.

Sangat sederhana sebenarnya tips hidup bahagia dalam berumah tangga yang satu ini.

5. Memiliki Anak

Memiliki anak memang menjadi salah satu solusi untuk mempertahankan kebahagiaan dalam berumah tangga. Dengan adanya anak dalam keluarga, kamu dan pasangan akan mempunyai kesibukan baru dengan merawat sang anak mulai dari dalam kandungan hingga membesarkan nya.

Akan tetapi tidak semua orang dapat mudah memiliki anak, terkadang ada beberapa keluarga yang sulit mendapatkan momongan dan menjadikan alasan ini sebagai biang pertengkaran. Tetapi jika kita sabar dan kuat kebahagiaan bisa di dapatkan bahkan tanpa anak sekalipun.

6. Berlibur

Berlibur dan berwisata bisa menjadi solusi untuk menjaga keharmonisan dalam rumah tangga. Dengan berlibur kamu dan pasangan dapat menjernihkan pikiran dari kehidupan sehari-hari yang mungkin membuat kalian jenuh.

Dengan berlibur bersama pasangan akan menemukan sesuatu yang baru sehingga terciptalah momen-momen baru yang dapat membuat kalian bahagia.

7. Hindari Sifat-Sifat Yang Memicu Pertengkaran

Pertengkaran dapat menganggu rumah tangga yang harmonis sekalipun biasanya pertengkaran di awali dengan hal yang sepele. Oleh karena itu kita harus pandai-pandai menghindari sifat-sifat yang dapat menjadi penyebab pertengkaran seperti berbohong terhadap pasangan masing-masing.

8. Saling Menghormati

Suami adalah pemimpin dalam rumah tangga maka dari itu istri haruslah mematuhi dan menghormati suami. Mematuhi bukan berarti menuruti semua keinginan suami, tetapi mengerti batas-batas wajar istri dan untuk istri wajib untuk menghormati suami tidak keras kepala dan lemah lembut.

Jika istri bekerja dan mempunyai penghasilan yang lebih besar dari suami, istri janganlah mendominasi karena dapat menganggu keseimbangan dalam berumah tangga. Hormati lah kerja keras suami, dan bagi suami sayangilah istri dengan lemah lembut.

9. Hubungan Intim Di Atas Ranjang

Jangan mengabaikan hubungan intim, hubungan intim adalah salah satu bentuk komunikasi yang dapat membuat pasangan suami istri menjadi tambah harmonis. Sesekali ajaklah istri berbulan madu untuk mendapatkan hubungan di atas ranjang yang harmonis.

Untuk sebagian orang berhubungan intim adalah hal yang sensitif sehingga tidak semua pasangan suami istri dapat bebas meminta pasanganya oleh karena itu rangkulah dengan perlahan-lahan pasangan kamu.

Sekian tips hidup bahagia dalam berumah tangga, selain mengikuti tips diatas, cbalah sesekali berkonsultasi gdengan yang lebih berpengalaman bila terdapat masalah dalam rumah tangga, untuk mengatasi masalah yang sedang dialami dan jangan lupa tetap menghargai pasangan masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here