Bebebrapa Tips Rumah Tangga Harmonis
Tips Rumah Tangga Harmonis

Herlandmag.net, Memiliki rumah tangga harmonis memang dambaan setiap pasangan suami-istri. Kehidupan berumah tangga memang berlika-liku dan tak ada habis nya dengan berbagai bahasan.

Memiliki rumah tangga yang harmonis memang tidak lah mudah karena perbedaan pendapat sering memicu saling adu mulut dan emosi, akan tetapi hal tersebut bisa di hilangkan dengan beberapa tips rumah tangga harmonis seperti:

  1. Tidak merendahkan dan mengkritisi pasangan

Jangan kan suami-istri dengan orang lain atau saudara sendiri pun pasti kita tidak lah mau untuk saling mengkritik, apalagi jika dilakukan oleh orang yang kita sayangi. Tanpa sadar, terkadang kita sering mengkritik apa pun yang dilakukan oleh pasangan  seolah tidak ada satu pun perilakunya yang benar.

Namun salah dalam menyampaikan sehingga pasangan merasa direndahkan. Oleh karena itu, hindari kebiasaan terlalu sering mengeluh yang berujung pada kritikan dan merendahkan pasangan. Meskipun ada yang perlu dikritik, sampaikan lah dengan lembut dan sopan, sehingga pasangan kita pun mengerti apa yang kita sampaikan.

  1. Tidak membanding-bandingkan dengan orang lain

Baik itu suami maupun istri sama-sama tidak suka dibandingkan dengan orang lain, seringkali kita membicarakan kehebatan pasanngan lain di hadapan pasangan tanpa sadar itu sangat melukai hatinya.

Kebiasaan ini memang sering terjadi karena kekurang sempurnaan pasangan masing-masing, manusia memang tidak ada yang sempurna tapi kita sering melupakannya seolah seseorang atau kita lah yang merasa sempurna, kadang suami maupun istri sering membandingkan misalnya saat sedang berjalan-jalan melihat pasangan lain yang mesra ataupun penampilan mereka sangat bagus dan stylis tetapi kita biasa-biasa.

Nah hal itu lah yang membuat pasangan suami istri sering cekcok, terimalah pasangan masing-masing kunci dari keharmonisan rumah tangga dan ingat lah bahwa manusia itu tidak ada yang sempurna semua mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing.

  1. Tidak membuat keputusan tanpa berdiskusi dengan pasangan

Inilah yang sering terjadi dan kerap dianggap sepele. Selalu saja berfikir bahwa pasangan pasti menyetujui apa pun yang kita putuskan, padahal itu benar-benar tidak tentu apakah pasanga kita menyetujui atau bahkan tidak.

Seperti jika membeli barang tanpa berdiskusi terlebih dahulu memang hal yang sepele tetapi jika pasangan kita tidak setuju semisal kita membeli barang tetapi menurut pasangan kita barang itu tidak penting masih banyak yang lebih penting, ini akan menjadi masalah yang besar.

Sebaiknya kamu tidak membuat keputusan sendiri diskusi adalah jalan terbaik dan jika salah satu pasangan kita tidak setuju maka bicaralah baik-baik, dan memulai kembali merencanakan sebagai pasangan yang bijak.

Tips Menjaga Keharmonisan Keluarga
Keluarga Harmonis
  1. Tidak melawan

Tips harmonis dalam berumah tangga yaitu tidak melawan, untuk para istri kebiasaan melawan kepada suami harus dibuang karena ini menunjukan bahwa kamu tidak menghargai suami apalagi bila perlawanan itu mengarah kepada kata-kata dan fisik.

Kebiasaan ini memang selalu tanpa sadar karena jika seseorang sedang merasa emosi dan tidak bisa menahannya pastilah tidak mengenal siapapun orang yang akan kita lawan. Oleh karena itu cobalah untuk besabar dan bicarakan nanti baik-baik ketika kamu sudah merasa mendingan, setelah menikah suami menjadi imam kita maka dari itu kita harus patuh kepada suami.

  1. Tidak berbohong

Berbohong merupakan sikap tidak terpuji yang dilarang. Kepercayaan merupakan hal penting yang membuat hubungan kekal. Oleh karena itu, jagalah kepercayaan pasangan agar tidak berbohong.

  1. Tidak mementingkan pekerjaan, teman dan hobi

Jangan terbiasa mendahulukan pekerjaan, teman atau hobi karena ini akan membuat pasangan kamu akan berasa di nomorduakan yang bisa berdampak buruk kamu bisa di tinggal kan oleh pasangan, mendahulukan pasangan adalah prioritas karena jika sudah menjadi suami istri maka harus saling percaya dan saling memberi perhatian satu sama lain.

  1. Berbagi suka dan duka

Suami dan istri merupakan partner dalam kehidupan terikat oleh tali pernikahan. Agar kasih saying dapat terus tumbuh, suami dan istri harus saling membagi suka dan duka.

Jika salah satu merasakan senang maka kita juga harus ikut mereasa senang begitu pula saat kita sedang merasa duka maka pasangan lah tempat berbagi cerita dan memberi sandaran agar tetap menjadi keluarga yang harmonis.

  1. Setia

Tips agar rumah tangga tetap harmonis yaitu setia. Kesetian merupakan modal penting dalam hubungan agar tidak kandas di tengah jalan. Jadi beusahalah untuk tetap setia pada pasangan kamu, karena kesetiaan merupakan tali dari hubungan tetap harmonis sampai ajal menjemput.

Demikian tips rumah tangga harmonis seperti diatas, semoga setelah membaca informasi ini, kamu dapat menerapkan tips diatas sehingga tercipta rumah tangga yang harmonis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here