Cara Merawat Bayi Baru Lahir
Cukup Istirahat

Herlandmag.net, Bagi pasangan yang sudah menikah, mempunyai momongan pastinya menjadi kebahagiaan tersendiri terlebih lagi jika buah hati terlahir dengan selamat dan sehat.

Akan tetapi bukan hal mudah untuk merawat dan mengurus bayi yang baru lahir terlebih lagi bagi pasangan muda atau pasangan yang baru memiliki anak untuk pertama kali nya. Cara merawat bayi  baru lahir yang baik dan benar adalah didampingi oleh orang tua dan berkonsultasi dengan dokter anak sehingga kita tidak salah langkah dalam  cara merawat bayi yang baru terlahir.

Berikut ini adalah beberapa informasi yang bisa para orang tua simak agar tau lebih detail tentang bagaimana  cara merawat bayi baru lahir dengan baik dan benar.

Merawat bayi baru lahir secara keseluruhan mulai lah dari ujung kepala sampai pangkal kaki dan bagian tertentu yang memiliki perlakuan khusus.

  1. Perawatan Kulit Kepala Bayi  Dan Rambut  Bayi Yang Baru Lahir
Cara Merawat Kulit Kepala Bayi
Merawat Kulit Kepala Bayi

Usahakan kulit kepala dan rambut bayi bersih dan kering, kamu boleh membersihkan kulit kepala dan rambut bayi yang baru lahir dengan air matang yang hangat. Usap perlahan di kulit kepala dan rambut bayi, anda juga bisa menggunakan baby oil sebagai pelembab kulit kepala bayi.

Mengapa harus telaten dalam mebersihkan kulit kepala bayi? Karena kulit kepala bayi sangat rentan terkena Cradle  Crap atau yang sering di sebut kerak di kulit kepala.

Untuk perawatan rambut nya kamu bisa menggunakan daun seledri untuk menstimulisasi pertumbuhannya. Kamu juga bisa menggunakan shampo khusus bayi yang mengandung Pro-Vitamin B5.

2. Perawatan Mata Bayi Yang Baru Lahir

CaraMerawat Mata Bayi Baru Lahir
Merawat Mata Bayi Baru Lahir

Bayi sangat sering menangis apalagi jika sedang rewel, air mata bayi yang sering keluar juga membutuhkan perawatan khusus karena jika tidak dibersihkan dengan benar akan berdampak buruk bagi sang bayi.

Air mata yang tergenang dan menumpuk akan menjadi sasaran empuk bagi kuman untuk masuk dan menyebabkan kotoran pada mana yang dapat membahayakan kornea bayi kamu.

Bersihkan dan usap secara perlahan menggunakan cotton buds dan air hangat jika mulai terlihat penumpukan kotoran pada mata bayi. Periksakan ke dokter anak agar diberi obat tetes khusus untuk mengobati kotoran yang menempel tersebut.

3. Perawatan Tali Pusar

Cara Merawat Tali Pusar
Merawat Tali Pusar

Perarawatan tali pusar adalah salah satu perawatan bayi yang sangat penting dan memerlukan perlakuan khusus, karena tali pusar sangat sensitif dan mudah terkena infeksi.

Misalnya ketika bayi dimandikan lalu tali pusar terkena air, maka haruslah cepat di keringkan. Gantilah kassa steril setiap 2x sehari agar tali pusar tetap bersih dan terhindar dari kuman, biasanya dalam waktu satu atau dua minggu tali pusar akan lepas dengan sendirinya setelah itu tetap tutup menggunakan kassa steril.

4. Perawatan Kulit Bayi Yang Baru Lahir

Cara Merawat Kulit Bayi
Merawat Kulit Bayi

Kulit adalah salah satu bagian tubuh bayi yang sangat sensitif oleh karena itu kita harus berhati-hati terhadap kulit bayi yang baru lahir. Perlu di ingatkan bahwa cara merawat bayi baru lahir tidak mudah lho.

Untuk perawatan kulit bayi sendiri, kamu bisa memandikan atau mengelap dengan kain yang telah di beri air hangat dan menggunakan sabun khusus bayi dan gunakan pelembab khusus bayi atau baby oil.

Jika malam hari gunakan lah kelambu agar sang bayi tidak menjadi sasaran empuk dari nyamuk.

 5. Cara Membersihkan Hidung, Telinga Dan Mulut Bayi

Cara Merawat Hidung dan Telinga Bayi
Merawat Hidung dan Telinga Bayi

Bagian tubuh bayi yang sangat rentan terkena kuman adalah mulut, telinga, dan hidung oleh karena itu kita harus ekstra telaten dalam merawat nya.

Bersihkan sisa-sisa ASI yang menempel di sekitar mulut, pipi dan tenggorokan agar bayi terhindar dari kuman yang diakibatkan sisa ASI. untuk hidung dan telinga anda dapat menggunakan cotton buds dan air hangat basuh dan usap perlahan untuk membersihkan kotoran di telinga dan hidung.

6. Bersihkan Kuku Bayi Secara Teratur

Cara Merawat Kuku Bayi
Merawat Kuku Bayi

Kuku bayi jika tidak terawat akan merugikan bagi bayi terlebih lagi bagi bayi yang tangan nya sangat aktif mengusap wajah biasanya kuku bayi yang tidak terawat dan panjang akan menggores kulit muka bayi.

Bersihkan dan potonglah kulit bayi saat tertidur anda harus hati-hati karena jari-jari bayi sangat mungil.

7. Kebersihan Area Kelamin Dan Anus Bayi

Cara Merawat Anus dan Kelamin Bayi
Merawat Anus dan Kelamin Bayi

Seperti kita ketahui bayi yang baru lahir akan membuang kotoran di dalam popok, jika kita tidak memperhatikan dengan baik kuman-kuman akan mudah masuk dan merugikan sang baik.

Cara membersihkan yang salah dapat meninggalkan sisa-sisa kotoran yang dapat menimbulkan kuman bagi bayi. Bersihkan lah dengan kapas halus menggunakan air hangat dengan perlahan setelah itu keringkan lalu oleskan pelembab khusus bayi.

Tidak disarankan membersihkan menggunakan tisu basah karena bisa saja kulit bayi menjadi alergi.

Itulah beberapa informasi cara merawat bayi baru lahir yang bisa anda ikuti atau jika ingin lebih jelas dan aman kamu bisa tanyakan langsung ke dokter anak atau orang tua karena berbeda tempat tinggal kamu akan berbeda cara perawatanya juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here