isolasi-diri

Hampir semua orang yang ada di seluruh dunia sekarang ini memang tengah dibuat resah oleh kemunculan virus Corona. Meskipun terbilang baru ditemukan, yaitu di akhir tahun 2019 lalu, nyatanya sudah banyak nyawa melayang disebabkan oleh virus yang satu ini. Apalagi ia juga sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Berbagai negara nyatanya juga tengah dibuat kalang kabut olehnya. Mengingat untuk masalah jangka panjang yang disebabkan oleh virus ini tak hanya kematian saja, melainkan juga sampai dampak ekonomi untuk setiap keluarga.

Sehingga berbagai macam upaya memang tengah dicoba untuk menyelesaikan kasus tersebut. Di Indonesia sendiri setidaknya sudah ada lebih dari 4 ribu orang yang positif terpapar oleh virus ini. dengan jumlah angka kematian juga sudah sampai angka 400 jiwa, sedangkan jumlah yang dinyatakan sembuh adalah sekitar 300an orang. Hal ini disebabkan karena memang dari segi vaksin yang dipakai untuk upaya pencegahan sendiri belum ada. Begitu juga dengan penanganan medisnya yang masih kurang.

Untuk itu upayakan kita semua menerapkan berbagai macam hal untuk mencegahnya, agar tidak sampai terinfeksi oleh virus Corona ini. Lalu bagaimana dengan orang yang menunjukkan gejala ringan dan juga sebelumnya pernah melakukan perjalanan ke negara atau daerah yang memang terkena oleh wabah tersebut?. Mereka dengan kondisi semacam ini dikenal juga sebagai istilah ODP atau Orang Dalam Pengawasan. Jika Anda termasuk golongan ODP, maka berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Segera mengisolasi diri, hendaknya jangan keluar rumah, kecuali memang dengan tujuan untuk mendapatkan pengobatan. Karena dalam kondisi seperti ini potensinya sangat besar bagi Anda untuk menularkan kepada orang lain.
  2. Jika gejala bertambah berat, seperti diantaranya adalah merasakan sesak napas, maka segera berobat ke rumah sakit rujukan Covid 19, namun sebelumnya alangkah baiknya bagi Anda untuk menghubungi pihak rumah sakit terlebih dahulu agar nantinya mereka juga bersiap-siap.
  3. Tinggal terpisah dengan orang lain, jika perlu maka gunakan juga kamar mandi terpisah dengan orang lain.
  4. Cegahlah orang lain jika seandainya ingin menjenguk Anda, kecuali memang dalam kondisi yang benar-benar sembuh atau dinyatakan negatif dari Covid 19.
  5. Jangan melakukan pertemuan dengan orang lain, khususnya adalah mereka yang memang sedang sakit.
  6. Hindari pemakaian alat makan maupun minum dengan orang lain yang sehat, karena kemungkinan dari benda-benda semacam ini juga dapat menularkan penyakit tersebut.
  7. Ketika Anda berada di tempat umum, termasuk diantaranya adalah saat berada dalam perjalanan untuk menjalani pengobatan maka gunakan masker dan juga sarung tangan untuk mencegah terjadinya penularan kepada orang lain disekitar Anda.
  8. Ketika sedang bersin ataupun batuk sebaiknya gunakan tisu untuk menutup mulut dan juga hidung, segera setelahnya maka Anda bisa langsung membuang tisu tersebut ke tempat sampah terdekat.
  9. Rajin-rajinlah juga untuk cuci tangan menggunakan sabun, apalagi setelah bersin, sehingga bisa mencegah nantinya menularkan penyakit tersebut pada orang lain.

Untuk informasi lebih lanjut maka Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter secara online lewat aplikasi Halodoc. Virus Corona ini bukanlah sesuatu yang bisa Anda sepelekan. Karena dampaknya sendiri sangatlah fatal jika seandainya tidak patuh terhadap aturan yang telah dibuat. Bisa menyebabkan resiko komplikasi sampai dengan kematian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here