make up halal dan non halal

Sebagai konsumen pasti Anda menginginkan produk make up yang halal yang aman. Hal ini wajar sebab hanya produk halal yang sanggup memberi jaminan dari segi syariat maupun kualitas. Melakukan make up itu sendiri telah menjadi dorongan naluri hampir semua wanita. Hubungan antara wanita dan make up sangat erat, dianjurkan Anda memakai produk yang sudah jelas kehalalannya. Produk halal tentu telah mengantongi sertifikat resmi melali lembaga fatwa berwenang. Untuk Indonesia ada LPPOM MUI yang memiliki peran sebagai lembaga dengan hak mengeluarkan sertifikat halal untuk produk makeup. Tidak harus bingung memilih mana produk halal dan non halal, di bawah ini ada tips untuk dijadikan panduan.

  • Semua Unsur Make Up Halal

Dalam make up, tips pertama cermati bahwa tidak ada kandungan unsur najis dan bahan baku yang meragukan dalam make up. Merujuk pada fatwa MUI berhias boleh hukumnya, namun harus menggunakan makeup yang halal. Produk makeup halal atau non halal mempunyai perbedaan dalam kandungannya.

Ada juga berikut sejumlah unsur yang tidak boleh terkandung pada produk makeup, misalnya unsur hewan najis, contohnya babi, bangkai, anjing, darah, unsur tubuh manusia, khamar dan lain sebagainya. Dalam produk makeup Anda juga harus waspada terhadap kandungan berbagai bahan seperti plasenta, gliserin, kolagen, lactic acid, vitamin, hormon dan berbagai pewangi dan pewarna.

  • Make Up dengan Logo Leaping Bunny

Tips pilihan makeup halal atau non halal berikutnya yakni memilih produk dengan logo Leaping Bunny. Logo ini memberi jaminan animal cruelty free. Lebih dari itu konon logo ini mempunyai regulasi lebih ketat daripada ACF. Namun logo Leaping Bunny ini terbatas dan umumnya hanya ada pada produk makeup vegetarian atau vegan.

  • Make Up Tanpa Kandungan Alkohol

Seperti yang telah disebut sebelumnya, makeup yang halal harus bebas dari sejumlah bahan najis atau bahan yang berbahaya. Misalnya yakni alkohol, tetapi masih ada toleransi. Alkohol masih bisa dipakai dengan syarat tidak didapat dari beverage industry atau pabrik khamr dan tidak menyebabkan kerugian untuk pengguna.

Untuk hal ini Anda wajib mencermati ada tidaknya kandungan alkohol. Jika ada tulisan alcohol denat, alcohol SD, denaturated alcohol, maka produk masih tergolong halal untuk dipakai. Pasalnya jenis alkohol tersebut bukan alkohol untuk minum mabuk-mabukan.

  • Make Up dengan Label Animal Cruelty Free atau ACF

Jika Anda tidak mau bingung mana makeup halal atau non halal, pilih produk yang memiliki label ACF yang berarti make up bebas dari tindak kekerasan pada hewan, baik dalam proses uji coba, proses pembuatan atau komposisi bahan. Singkatnya tidak ada perilaku eksploitasi pada hewan dengan tujuan apa saja.

Make Up Halal Indonesia dengan Sertifikasi MUI

make up halal indonesia dengan sertifikasi MUI

Meski saat ini semakin banyak make up yang beredar di pasaran, tetapi makeup halal jadi suatu kebutuhan utama yang selalu dicari wanita Muslim. Hal ini disebabkan dengan menggunakan kosmetik halal, wanita Muslim tidak perlu merasa khawatir dan ragu apakah kosmetik tersebut aman dipakai atau tidak. Sekarang ini, istilah kosmetik halal sudah tidak aneh lagi. Hampir semua produk make up di Indonesia telah menerima sertifikasi halal melalui Majelis Ulama Indonesia atau MUI. Arti dari kosmetik halal sendiri merupakan kosmetik dengan berbagai bahan yang sesuai menurut hukum syariat Islam.

Produknya perlu dipastikan cruelty free atau tidak memakai bahan yang memiliki kandungan hewani dan kandungan alkohol. Di Indonesia, dari tahun 2017 pemerintah mulanya hanya mewajibkan makanan saja yang dilabeli halal. Tetapi mulai 2018 dan 2019 obat-obatan dan peralatan mandi sudah harus memiliki sertifikasi oleh MUI. Untuk hal ini, LPPOM MUI terus menyediakan permintaan para konsumen yang mau mencari tahu make up apa saja yang memiliki sertifikasi halal. Harus dicatat, LPPOM MUI terus mengalami perubahan daftar, mengingat sertifikasi itu hanya berlaku selama dua tahun dan setelahnya harus melakukan perpanjangan.

  • Make Up Wardah

Merek make up Wardah dinaungi PT Paragon Technology and Innovation (PTI) ini telah menerima sertifikat halal dari tahun 1998. Hal ini menjadikan Wardah pelopor makeup halal di Indonesia. Lebih dari itu, PTI juga memiliki dua produk makeup lainnya yang juga telah disertifikasi halal dari MUI, yakni Emina dan Make Over.

  • Make Up Sariayu

Sudah ada hampir lima dekade, berbagai prodiuk makup dari Sariayu baru memiliki label halal pada tahun 2012. Lebih dari itu, Sariayu juga memiliki sistem Jaminan Halal grade A yang diterbitkan oleh LPPOM.

  • Make Up Amara

Amara adalah produk kosmetik pertama yang memiliki sertifikasi halal di Amerika Serikat. Amara memakai berbagai bahan alami dari tanaman, cruelty free dan tidak memakai alkohol. Amara tersedia dalam bentuk riasan matan, foundation, cat kuku dan lipstik.

  • Make Up Safi

Merek skincare asal Malaysia ini baru masuk ke Indonesia dari Maret 2018. Karena termasuk dalam kosmetik halal, Safi memiliki sertifikat dari dua negara berbeda. Yakni jaminan halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan JAKIM (Jabatan Kemajuan Islam Malaysia).

  • Make Up Forest Secret

Walaupun baru diumumkan di tahun 2015, ternyata brand makeup herbal dari Singapura ini telah mendapat sertifikasi halal dari MUI dari Juni 2014. Forest Secret datang dalam bentuk make up, seperti bedak two way cake dan blush on. Saat ini Forest Secret dapat Anda dapatkan di 250 toko di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here