Penyebab Bayi Susah Makan
Bayi Susah Makan

Herlandmag.net, Pada dasarnya bayi hanya boleh di berikan ASI eksklusif  pada usia 0-24 bulan. Akan tetapi pada saat bayi menginjak usia 6 bulan, bayi mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI).

Namun tidak semua bayi dapat dengan mudah memulai makanan pendamping ASI, ada beberapa bayi yang menolak diberikan makanan pendamping ASI. Ini karena si bayi belum mengenal atau baru pertama kalinya memasukkan makanan selain ASI ke mulutnya, maka harus ada pengenalan terlebih dahulu terhadap makanan pendamping ASI.

Hal ini dimaksudkan agar si bayi dapat mulai memakan makanan pendamping asi. Bayi susah makan saat menginjak usia 6 bulan patut diwaspadai, karena dapat mempengaruhi tumbuh kembang si bayi.

Sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab bayi susah makan pada usia 6 bulan? bisa jadi karena beberapa hal misalnya si bayi merasa asing saat pertama kali merasakan sesuatu yang asing masuk kedalam mulutnya atau si bayi merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Penyebab Bayi Tidak Mau Makan
Bayi Tidak Mau Makan

Biasanya bayi akan menutup mulut ketika akan kita suapi makanan atau akan memuntahkan makanan yang kita berikan. Berikut ini beberapa penyebab bayi susah makan di usia 6 bulan.

  1. Bayi Kenyang

Bayi mempunyai pencernaan yang cukup kecil oleh karena itu kita harus memperhatikan makanan apa saja yang masuk ke mulut bayi, ketika kita akan memberikan makanan  pendamping ASI namun si bayi menolak mungkin saja si bayi sudah kenyang karena sebelumnya telah menyusui dan perutnya masih terasa kenyang.

2. Sariawan

Ini yang harus kita perhatikan ketika si bayi menolak makanan yang akan kita berikan, bisa saja si bayi sedang terserang sariawan. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan kesehatan mulut si bayi agar tetap sehat.

3. Menolak Makanan Baru

Bayi yang telah terbiasa dengan ASI akan tetapi ketika memasuki usia 6 bulan, bayi mulai dikenalkan dengan makanan padat sehingga ada beberapa bayi yang merasa asing dengan apa yang masuk ke mulutnya serta merasakan beberapa rasa baru yang masuk ke mulutnya. Ini menyebabkan beberapa bayi akan sulit untuk menerima dan susah untuk makan makanan pendamping ASI

 4. Refluks Gastroesofagus (GER)

Ketika bayi mulai di kenalkan dengan makanan pendamping asi lalu si bayi memuntahkannya, jangan mengira itu muntah biasa bisa jadi itu Refluks Gastroesofagus (GER). Bayi dalam kondisi ini akan rewel dan susah makan serta akan sulit mengalami tidur yang nyenyak, ini sangat perlu perhatian khusus karena dapat menghambat pertumbuhan bayi dan akan tertinggal dengan pertumbuhan bayi normal lainya.

Untuk dapat mengatasi bayi susah makan di usia 6 bulan, kita sebagai orang tua harus pandai-pandai membujuk sang bayi dan juga bersabar karena bagaimanapun juga bayi adalah makhluk yang sangat polos. Mari simak baik-baik beberapa cara agar buah hati mau memakan makanan pendamping ASI pada umur 6 bulan.

  1. Perhatikan Jadwal Makan Si Bayi

Sering kali kita tidak tepat waktu ketika memberikan si bayi makanan pendamping asi, misalnya ketika si bayi baru saja diberi ASI atau kita memberi makan si bayi setelah diberi ASI. Oleh karena itu kita harus memperhatikan jadwal pemberian makanan pada si bayi ini agar si bayi tidak kenyang terlebih dahulu.

2. Buatlah Variasi Menu Makanan

Hindari terus menerus memberikan bayi makanan instan, selain kurang sehat bayi juga akan merasa bosan karena rasa dari makanan tersebut. Cobalah dengan membuat menu baru pada bayi dari sayuran dan buah-buahan yang dianjurkan pada bayi umur 6 bulan. Ini akan menjadikan si bayi lahap karena memakan makanan berbeda-beda setiap harinya tapi harus tetap memperhatikan kebersihan dan nilai gizi pada makanan bayi tersebut tentunya.

2. Bujuk Bayi Dengan Sesuatu Yang Menarik Perhatian

Boleh kamu coba di rumah terutama saat bayi susah makan, kamu dapat memainkan sendok seperti kereta api atau pesawat yang akan masuk ke dalam mulut bayi, atau kamu bisa mengalihkan perhatiannya dengan beberapa mainan bayi agar mulut si bayi terbuka tanpa menghiraukan makanan yang akan masuk.

3. Berikan Suplemen Penambah Nafsu Makan

Berilah bayi vitamin penambah nafsu makan yang mengandung minyak salmon agar si bayi lahap dan nafsu makan. Pemberian vitamin penambah nafsu makan pun dapat memberikan si bayi beberapa vitamin yang dibutuhkan tubuh bayi.

Jika bayi tetap tidak nafsu makan cobalah periksakan ke dokter karena mungkin saja si bayi perlu perawatan khusus dan kita dapat menanyakan penyebab bayi susah makan kepada dokter.

Perlu di perhatikan juga beberapa makanan yang mungkin bisa membuat si bayi alergi dan berdampak buruk pada si bayi, dan jangan lupa periksakan rutin setiap sebulan sekali untuk mengetahui perkembangan tumbuh kembang si bayi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here